Pages

Subscribe:

klik disini!!!

Powered By Blogger

Cari Blog Ini

Kamis, 31 Desember 2009

TEKNOLOGI PEREDAM GUNCANGAN


COILED CARBO NANOTUBES

Dengan teknologi, manusia selalu berusaha membuat sesuatu menjadi lebih simpel. Makanya nggak usah heran ngeliat alat- alat elektronik yang ukurannya makin lama makin kecil. Malahan ukurannya juga nggak tanggung-tanggung. Nggak hanya sebesar genggaman tangan tapi saking kecilnya sampai-sampai harus digunakan term ”nano”. Kalau sudah menggunakan istilah “nano” biasanya benda tersebut punya dimensi yang lebih kecil dari satu helai rambut.kecil abis memang^_^

kendati teknologo sudah berhasil mengecilkan ukuran alat elektonik, namun masih ada satu hal yang sampai saat ini belum bisa diatasi. Yaitu mengenai daya tahan. Semakin kecil sebuah alat elektronik,biasanya akan semakin mudah rusak. Salah satu hal hal yang paling sering menjadi penyebab rusaknya sebuah alat elektronik adalah terjatuh (hp misalnya)

Nah,sekelompok ilmuwan di clemson university, Amerika Serikat, mampu menghasilkan sebuah tekhnologi baru sehubungan dengan rusaknya benda elektronik yang mungil akibat terjatuh. Mereka berpikir, supaya nggak pecah berantakan akan lebih aman jika sebuah benda elektronik dapat memantul ketika terjatuh.

Tim peneliti yang diketuai oleh Apparao Rao, seorang profesor fisika ini akhirnya berhasil menciptakan sebuah teknologi berukuran kecil mungil yang mampu meredam getaran. Lantaran ukuran peredam ini yang sangat kecil, pada nantinya teknologi in bisa di terapkan pada alat-alat elektronik berukuran imut.

Dengan kolaborasi bersama universitas california di San Diego, tim peneliti clemson berhasil membuat sebuah lapisan kecil yang terdiri dari pegas mikro,dan disebut sebagai gulungan karbon nanotubes. Masing – masing pegas memiliki ukuran seribu kali lebih kecil dari rambut manusia. Dan berkat pegas-pegas ini, lapisan gulungan karbon nanotubes mampu meredam getaran dalam tingkat yang sangat ekstrim.

Sebenarnya, teknologi gulungan karbon nanotubes ini sudah pernah dibuat sebelumnya . Namun peneliti di clemson menegaskan bahwa teknologi yang mereka buat kali ini bisa dibuat dengan sangat mudah dan memerlukan biaya yang relatif murah, sehingga bisa diproduksi massal. Dan hebatnya lagim, gulungan nanotubes yang sudah berbentuk ini bisa dipisah-pisahkan dan ditempatkan di permukaan sebuah benda dan langsung dapat berfungsi sebagai peredam getaran.

Karena ukurannya yang super mungil, teknologi ini nantinya akan ditempatkan pada papan-papan sirkuit pada alat elektronik, sehingga ketika terjatuh, papan sirkuit yang merupakan komponen utama dalam alat elektronik tersebut nggak akan rusak. Namun lantaran teknologi ini mampu ditempatkan dalam banyak benda, peneliti clemso juga memimpikan teknologi ini nggak hanya tertempel di dalam alat elektronik saja, tapi juaga di rompi anti peluru, bumper mobil, sampai ke bagian bawah dari sepatu.

0 komentar:

Posting Komentar