Pages

Subscribe:

klik disini!!!

Powered By Blogger

Cari Blog Ini

Rabu, 26 Mei 2010

BUDAYA ORGANISASI

  1. BUDAYA ORGANISASI (Suatu Konsep Menuju Efektivitas Organisasi)Manajemen akan mempengaruhi budaya.
    • Budaya akan mempengaruhi kemampuan perusahaan meraih keuntungan & sekaligus meraih citra.
    • Organisasi perlu untuk memiliki kepribadian.
    • Kepribadian organisasi yang juga disebut sebagai budaya organisasi harus diciptakan & dipertahankan sehingga dapat membantu keefektifan organisasi.
  2. Budaya Organisasi
    • Pada hakikatnya, budaya organisasi memiliki nilai yang baik bagi kemajuan suatu organisasi.
    • Budaya organisasi merupakan salah satu perangkat manajemen untuk mencapai tujuan organisasi.
    • Budaya organisasi bukan merupakan cara yang mudah untuk memperoleh keberhasilan, dibutuhkan strategi yang dapat dimanfaatkan sebagai salah satu andalan daya saing organisasi.
    • Budaya organisasi merupakan sebuah konsep sebagai salah satu kunci keberhasilan suatu organisasi dalam mencapai tujuannya.
  3. DEFINISI
    • Secara etimologis (asal usul kata), budaya organisasi terdiri dari dua kata : budaya & organisasi.
    • Organisasi merupakan suatu sistem yang mapan dari sekumpulan orang yang bekerja sama untuk mencapai tujuan bersama, melalui suatu jenjang kepangkatan & pembagian.
    • Pengertian budaya adalah suatu set nilai, penuntun kepercayaan akan suatu hal, pengertian & cara berpikir yang dipertemukan oleh para anggota organisasi & diterima oleh anggota baru.
    • BUDAYA ORGANISASI merupakan penerapan nilai-nilai dalam suatu masyarakat yang terkait, bekerja di bawah naungan suatu organisasi.
    • (Duncan dalam Kasali, 1994: 108)
    • Terrence E Deal & Allan A. Kennedy : budaya organisasi (BO) merupakan nilai-nilai dominan yang diterapkan oleh suatu organisasi.
    • RT Pascale & AG Athos, BO merupakan falsafah yang menuntun kebijakan organisasi terhadap pegawai & pelanggan.
    • Marvin Bower, BO merupakan cara pekerjaan yang dilakukan di tempat tertentu.
    • Edgar H. Schein, BO merupakan asumsi & kepercayaan dasar yang terdapat di antara angota organisasi.
    • Linda Smirch, BO merupakan pola kepercayaan, simbol-simbol, ritual, mitos & praktis yang telah lama berjalan.
    • (Semua dalam Robbins, 1990: 479)
  4. PEMBENTUKAN BUDAYA ORGANISASI (Sutanto, 1997: 13) Filsafat Pendiri Organisai Kriteria Seleksi Sosialisasi Manajemen Puncak BUDAYA ORGANISASI
  5. Penjelasan Diagram
    • Filsafat pendiri organisasi merupakan sumber utama sebuah budaya organisasi. Artinya para pendiri organisasi secara tradisional mempunyai dampak yang penting dalam pembentukan budaya wal organisasi. Mereka memiliki visi & misi mengenai bagaimana bentuk organisasi tersebut seharusnya. (Robbins, 1990: 486)
    • Contoh, Ray Kroc dengan McDonald-nya. Sejak dirintis pada tahun 1955 sampai dengan abad 21 ini, pegawai McDonald seolah masih “diawasi” Kroc dengan prinsip-prinsip dasar organisasinya. Misalkan komitmen terhadap kualitas pelayanan, kebersihan & nilai. Juga penggunaan bumbu & peralatan yang baik, kebersihan kamar mandi, dan jangan kompromi. Inilah filosofi pendiri penjual hamburger, fries & shakes yang masih diikuti sbg pedoman manajemen.
    • Seleksi untuk menentukan kriteria yang dianggap paling tepat untuk menjadi anggota organisasi. Ini merupakan kekuatan dalam mempertahankan budaya organisasi.
    • Tujuan utama dari proses seleksi adalah menemukan & mempekerjaka individu yg memiliki pengetahuan, kepandaian & kemampuan utk berprestasi dlm pekerjaan di dalam organisasi.
    • Manajemen puncak  perilaku & tindakan mereka akan berpengaruh terhadap budaya organisasi.
    • Proses sosialisasi merupakan langkah yang tepat untuk mempertahankan budaya organisasi, terutama sosialisasi yang ditujukan bagi anggota baru.
    • Seluruh anggota organisasi seharusnya mengetahui & memahami mengenai terbentuknya budaya organisasi, pentingnya bagi kemajuan organisasi, termasuk bagi pengembangan dirinya.
    • Cara mempelajari BO : dalam bentuk cerita, acara ritual, material & bahasa.
  6. Penjelasan bentuk :
    • Cerita : penjelasan tentan sejarah berdirinya organisasi, runag lingkup usaha, hubungan usaha dgn organisasi yang lain, orang-orang penting, dsb.
    • Acara ritual : penyerahan pemilihan & penghargaan bagi staf berprestasi, dsb.
    • Simbol material : pakaian khas pramugari, teller, satpam, dsb.
  7. Karakteristik utama dalam BO :
    • Inisiatif individual.
    • Toleransi terhadap tindakan beresiko.
    • Arah.
    • Integrasi.
    • Dukungan dari manajemen.
    • Kontrol.
    • Identitas.

0 komentar:

Posting Komentar